APAKAH HEPATITIS B BISA SEMBUH ?

APAKAH HEPATITIS B BISA SEMBUH ? Banyak yang bertanya mengenai penyakit hepatitis B apakah bisa disembuhkan ? Kabar baik bagi Anda penderita hepatitis B bahwa ahli kesehatan menyimpulkan bahwa penyakit hepatitis B bisa sembuh. Yuk, simak langsung ulasannya berikut ini.

APAKAH HEPATITIS B BISA SEMBUH ?

APAKAH HEPATITIS B BISA SEMBUH

Hepatitis B adalah infeksi virus hepatitis tipe B yang menyerang organ hati (hepar). Infeksi hepatitis B didapat dari paparan cairan tubuh atau darah seseorang yang terinfeksi seperti dengan melakukan hubungan seksual atau menggunakan narkoba jenis jarum suntik.

Hepatitis B merupakan infeksi pada hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B(HBV). Penyakit Hepatitis B terdiri dari 2 jenis waktu yaitu akut (berlangsung <6 bulan) & kronis (berlangsung>6 bulan)

Jika sudah masuk ke kondisi kronis, maka penyakit ini bisa membahayakan nyawa penderita. Jika tidak segera ditangani , maka akan beresiko terkena kanker hati, dan sirosis hati.

Kembali ke pokok pembasan, menjawab pertanyaan apakah hepatitis B bisa sembuh ?

Paramedis dan ahli kesehatan sepakat bahwa hepatitis B dapat disembuhkan. Berikut adalah beberapa keterangan yang membenarkan bahwa hepatitis B bisa sembuh :

Sebagian besar orang yang terkena infeksi hepatitis B akan sembuh baik secara alami (terbentuk antibodi) ataupun melalui pengobatan, namun sebagian kecil yang berpotensi untuk menjadi karier dan menjadi kronik. Terapi hepatitis B dapat berupa observasi (diharapkan terbentuk antibody secara alami), obat antiviral untuk menekan jumlah virus dan/atau imunomodulator berupa interferon, dan obat simptomatik sesuai keluhan pasien. Sebaiknya konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi lebih lanjut.

dr. Indra Wijaya, SpPD, M.Kes
Departemen Penyakit Dalam
Fakultas Kedokteran, Universitas Pelita Harapan
Siloam Karawaci Hospital


“Hai Infeksi hepatitis B 90% dapat sembuh total dengan sendirinya jika tidak ada gangguan pada daya tahan tubuh, dan hanya sekitar 10% yang berlanjut menjadi hepatitis B kronis.”

dr. Yan William
lulusan fakultas kedokteran universitas Trisakti
interactive medical advisor di alodokter.com

Itulah beberapa pendapat dokter untuk menjawab pertanyaan apakah hepatitis B bisa sembuh ?. Semoga jawaban tersebut bisa menjadi motivasi bagi Anda yang saat ini menderita hepatitis B untuk lebih kuat dan tetap semangat menjalani terapi pengobatan hepatitis B.

Seiring berjalannya pengobatan, ada perlu diperhatikan ketika berlangsungnya pengobatan adalah anjuran dan pantangan makanannya.

Terimakasih dan semoga bermanfaat.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *