Mana Yang Lebih Bahaya Hepatitis B Atau Hepatitis C ?

Bahaya hepatitis – Hepatitis merupakan suatu penyakit yang berbahaya. Umumnya hepatitis ini merupakan gangguan pada sistem kerja liver, yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Penyakit ini dikenal sebagai penyakit yang menular atau menyebar dari satu anggota tubuh ke anggota tubuh lainnya. Oleh karena itu, jika hepatitis yang satu ini tidak dilakukan penanganan dengan cepat, maka akan menimbulkan risiko berdampak buruk untuk kesehatan. 

Bahaya Hepatitis

Sebagian besar penyebab terjadinya hepatitis yaitu disebabkan oleh virus, terdapat 5 jenis hepatitis yang disebabkan oleh virus diataranya yaitu : 

  • Hepatitis A
    Hepatitis A dapat terjadi jika mengkonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi oleh tinja pasien hepatitis A
  • Hepatitis B 
    Hepatotis B biasanya dapat menular melalui darah atau cairan dalam tubuh yang sudah terinfeksi, Hal tersebutpun dapat terjadi karena beberapa kondisi seperti penggunaan jarum suntik yang tidak steril, Hubungan seks bebas, memakai benda secara bersamaan. 
  • Hepatitis C 
    Virus hepatitis C ini dapat menyebar melalui kontak darah ke darah dari darah orang yang sudah terinfeksi. Jika dibiarkan terlalu lama, infeksi tersebut akan berkembang menjadi kronis, sehingga akan beresiko terkena sirosis. 
  • Hepatitis D
    Seseorang akan terinfeksi hepatitis D apabila sebelumnya sudah terinfeksi hepatitis B 
  • Dan Hepatitis E 
    Seseoarng akan terkena infeksi hepatitis E, Jika mengkonsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi oleh virus hepatitis E. 

Dari jenis-jenis hepatitis diatas, hepatitis yang sangat berbahaya yaitu hepatitis yang tidak segera diobati dan ditangani dengan cepat. Semua jenis hepatitis tersebut dapat membahayakan kesehatan tubuh apabila hepatitis tersebut tidak segera ditangani dengan cepat.

Mana Yang Lebih Bahaya Hepatitis A Atau Hepatitis B ?

Hepatitis juga dapat menimbulkan komplikasi-komplikasi yang merugikan tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengobati hepatitis untuk menghindari terjadinya komplikasi yang akan membahayakan tubuh. Namun, ada beberapa hepatitis yang dapat menyebabkan kronis yaitu hepatitis B dan Hepatitis C. 

Karena kedua jenis hepatitis tersebut dapat berkembang menjadi sirosis hati. Untuk itu,jika keduanya tidak segera diobati, maka kemungkinan besar akan berakibat fatal yaitu kematian. Perlu untuk anda ketahui, kecil kemungkinan hepatis B yang menjadi hepatitis kronis dan dapat berkembang menjadi sirosis hati, Sedangkan hepatitsi C yang tidak segera diobati akan berkembang menjadi sirosis hati. 

Jadi kesimpulanya yaitu, Hepatitis C lebih berbahaya dibandingkan dengan hepatitis B. 

Baca Juga : Komplikasi Hepatitis B

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *