Dampak Hepatitis Saat Hamil

Dampak Hepatitis Saat Hamil – Banyak ibu hamil yang tidak menyadari bahwa dirinya telah terinveksi hepatitis. Hal tersebut disebabkan karena gejala yang timbul samar-samar, bahkan bisa tidak muncul. Jika hal ini tidak diketahui, maka akan berdampak buruk pada sang janin. 

Oleh karena itu, harus diwaspadai apabila mengalami hepatitis pada saat hamil. Hepatitis merupakan kondisi yang serius yang harus diwaspadai, karena hepatitis merupakan kondisi dimana adanya peradangan pada hati yang dengan mudah untuk ditularkan. 

Dampak Hepatitis Saat Hamil

Jika hepatitis B terjadi pada ibu hamil, maka segeralah untuk melakukan pengobatan lebih lanjut. Karena jika hepatitis pada ibu hamil didiamkan tanpa melakukan pengobatan, maka akan berdampak buruk untuk ibu dan juga sang janin. Bahkan bisa saja hepatitis menyebabkan kerusakan hati yang lebih parah lagi, hingga menyebabkan kematian. 

Hepatitis tidak hanya terjadi pada ibu hamil saja, anak-anak dan usia dewasa juga dapat terkena oleh penyakit yang satu ini. Namun, Penyakit ini lebih umum diderita oleh orang dewasa baik wanita maupun pria. 

Dampak Hepatitis Saat Hamil

Hepatitis yang tidak segera diobati dengan cepat akan berdampak buruk untuk kesehatan bayi dan juga janin, Nah berikut ini ada beberapa dampak hepatitis saat hamil yang wajib anda ketahui : 

  • Risiko bayi lahir prematur 
  • Berat badan rendah 
  • Kelainan Anatomi 
  • Risiko terkena diabetes gestasional ( pada ibu dan juga bayi ) 
  • Terjadi pendarahan pada ibu 
  • Bayi memiliki risiko terkena hepatitis B 
  • Risiko terkena gagal hati 
  • Keguguran 

Diatas merupakan beberapa dampak hepatitis pada saat hamil yang tidak segera diobati. Oleh sebab itu, hepatitis tidak boleh dibiarkan begitu saja, perlu melakukan penanganan yang cepat untuk mengatasi masalah ini. 

Cara Menghindari hepatitis pada saat hamil 

Tes darah merupakan salah satu cara untuk menghindari diri dari risiko tinggi penyakit hepatitis. Selain itu juga, anda juga harus mewaspadai bahaya KB suntik, karena hal tersebut akan menyebabkan gangguan pada kehamilan, sehingga kemungkinan besar dapat terjadinya penyakit hepatitis. 

Terimakasih sudah menyimak, semoga bermanfaat. 

Baca juga : 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *