Komplikasi Hepatitis B Bisa Sebabkan Gagal Hati Apabila Tidak Diobati

Komplikasi Hepatitis B – Penyakit yang disebabkan oleh virus tentunya akan menimbulkan bahaya dan dampak buruk bagi kesehatan. Salah satu bahaya yang akan timbul yaitu terjadinya komplikasi, hal tersebut dapat terjadi apabila tidak segera di atasi dengan benar. 

Komplikasi Hepatitis B

Jika hepatitis dibiarkan tanpa segera ditangai dengan cepat, maka kemungkinan besar akan membahayakan nyawa penderita. Oleh karena itu sangat penting sekali untuk mengobati hepatiti B, Dan jika masih terus dibiarkan tanpa dilakukan pengobatan, maka akan menimbulkan komplikasi seperti : 

Komplikasi Hepatitis B

  1. Sirosis 
    Sirosis merupakan pembentukan jaringan parut pada hati yang disebabkan karena adanya kerusakan pada hati dengan jangka waktu yang cukup panjang. Sirosis terjadi karena adanya peradangan atau luka, sehingga menimbulkan pembentukan jaringan pada hati. Hal tersebut membuat hati tidak dapat bekerja dengan normal lagi. Kondisi ini akan menimbulkan bahaya, atau bahkan menimbulkan kematian apabila tidak segera diobati dengan cepat. Pada awalnya gejala sirosis tidak dapat terlihat atau terdeteksi. Namun, pada sirosis yang sudah parah akan menimbulkan beberapa gejala seperti : Mual, turunnya berat badan, gatal pada kulit, bahkan terjadi pembengkakan pada pergelangan kaki atau perut. 
  2. Kanker Hati 
    Komplikasi hepatitis b yang dapat terjadi lainnya yaitu kanker hati, kanker hati merupakan kondisi dimana terbentuknya tumor yang ada pada hati. Hati merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk membersihkan darah dari racun yanng disebabkan oleh alkohol dan obat-obatan lainnya. Kanker ini merupakan jenis kanker kelima yang kematian, hal tersebut tentunya akan terjadi pada pasien penderita kanker hati yang tidak segera ingin mengobatinya dengan cepat. Gejala yang sering timbul akibat komplikasi tersebut berupa : Mual, muntah, penurunan berat badan, serta mengalami sakit kuning. 

    Jika kanker hati terus dibiarkan tanpa melakukan tindakan dengan cepat, maka kemungkinna besar akan dilakukan operasi untuk membuang bagian hati yang tersererang oleh kanker. 

  3. Gagal Hati 
    Tidak hanya terjadi kanker hati saja, komplikasi yang ditimbulkan hepatitis b apabila tidak segera diobati dapat terjadi gagal hati. Hal tersebut terjadi karena hati mengalami kerusakan yang begitu luas, sehingga mengalami keusakan pada hati yang disebut dengan gagal hati. Perlu untuk anda ketahui, kondisi ini akan menyebabkan kematian apabila tidak segera di obati dengan cepat.
  4. Hepatitis B Fulminan
    Hepatitis B Fulminan dapat terjadi ketika mulai menurun, sehingga hepatitis dapat menyerang dan menyebabkan kerusakan yang sangat parah. Beberapa gejala juga dapat timbul seperti mengalami kebingungan, perut bengkaka, sakit kuning dan lain-lain. Penyakit yang satu ini juga menyebabkan fungsi hati tidak dapat bekerja dengan normal, dan sering kali menimbulkan akibat yang fatal. 

Terimakasih sudah menimak, semoga bermanfaat.

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *